Tentang Kerja Remote

  1. Full Remote, artinya memang pekerjaan full dilakukan secara jarak jauh tanpa ngantor sama sekali, untuk meeting juga pasti via video conference. Beberapa perusahaan bahkan tidak punya kantor sama sekali seperti kirim.email yang bisa Anda cek disini.
  2. Semi-Remote, artinya tidak setiap hari remote. Team diperbolehkan bekerja remote, tapi dalam beberapa kondisi harus datang ke kantor. Kembali lagi ke kebijakan perusahaan, misal dalam seminggu harus untuk datang ke kantor 3 hari dan sisanya boleh kerja remote, atau ada juga yang boleh kerja remote tapi ketika meeting harus datang ke kantor.

Kerja Remote vs Freelance

  1. Freelance vs full-time
  2. Freelance vs part-time
  3. Remote vs onsite/ngantor

Keuntungan Kerja Remote

  1. Bisa bekerja di tempat yang berbeda-beda setiap hari.
  2. Jika Anda sering merasa tertekan bekerja di dekat bos/atasan, maka kerja remote cocok untuk Anda 😬
  3. Hemat budget (jika bekerja di rumah), karena kita tidak perlu mengeluarkan biaya toll, bensin motor/mobil, dan gak perlu bayar “pak ogah” ketika puter balik atau keluar dari gang hehe.
  4. Hemat waktu (jika bekerja di rumah), karena kita tidak perlu mengeluarkan waktu untuk bermacet-macetan di jalan.

Tantangan Kerja Remote

  1. Kadang disangka Pengangguran sama tetangga, lebih parahnya kita bisa saja disangka melakukan pesugihan 😬.
  2. Tidak semua orang cocok dengan kerja remote. Beberapa orang ada yang lebih suka bekerja seperti orang-orang kantoran pada umumnya, pagi manasin kendaraan, terus berangkat kantor, sore nya pulang.
  3. Zona waktu. Misal saya tinggal di Indonesia dan bekerja secara remote di perusahaan yang berada di Amerika, maka ketika ada meeting mau tidak mau kita harus mengikuti zona waktu mereka yang ada selisih 12 jam. Artinya kalau mereka ngajak meeting jam 1 siang (disana), maka kita (disini) harus melek sampai jam 1 malam.
  4. Distraksi (jika kerja di rumah). Bisa-bisa baru kerja dikit udah langsung diganggu: “beliin galon”, “beliin gas”, dan gangguan lainnya. Hal ini bisa diatasi dengan bekerja diluar rumah seperti cafe atau coworking space terus duduk dipojokan pake earphone.

--

--

Software Engineer

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store